Membuat flashdisk menjadi Bootable dengan Unetbootin

Biasanya kita kalau mau instal ulang windows atau instal OS linux pasti harus di “Burn” dulu ke CD. Sekarang tidak perlu lagi karena sudah ada aplikasi yang dapat menjadikan flashdisk atau hardisk kamu menjadi Bootable. Namanya adalah Unetbootin kepanjangan dari Universal Netboot Installer. Aplikasi ini dapat dipakai pada OS Linux maupun OS Windows.
Download aja disini,.
Cara menggunakannya cukup mudah. Download Aplikasi Unetbootin pada link diatas.

Unetbootin memberikan kita 3 (tiga) pilihan. Yaitu:
1. Distribution. Pilihan ini digunakan jika kamu ingin download langsung dari internet dan langsung diproses. Caranya, Pertama pilih distribusinya dulu, lalu pilih versinya. Saat ini distribusi yang bisa di download langsung adalah : Arch Linux, Backtrack, CentOS, Clone Zilla, Damn Small Linux, Debian, Dreamlinux, Dr. Web Antivirus, Elive, Fedora, FreeBSD, Frugalware, F-Secure Rescue CD, Gentoo, gNewSense, Gujin, Kaspersky Rescue Disk, Kubuntu, Linux Mint, Mandriva, MEPIS, NetBSD, NTPasswd, openSUSE, Ophcrack, Parted Magic, PCLinuxOS, Puppy Linux, Sabayon Linux, Slax, SliTaz, Smart Boot Manager, Super Grub Disk, Super Ubuntu, SystemRescueCD, Ubuntu, xPUD, Xubuntu, Zenwalk.
2. Disk Image. Pilihan ini digunakan jika anda sudah men-download file .ISO-nya secara manual atau minta dari teman . Caranya gampang kok, kamu tinggal menentukan lokasi file .ISO yang udah kamu download tadi aja. Pilihan ini lebih banyak digunakan dari pada pilihan Distribution atau Custom
3. Custom. Pilihan ini diperuntukkan bagi yang sudah mahir. Disini kita dapat mengatur kernel, Initrd, dan Option sendiri.

Setelah itu, kita memilih USB Drive jika menggunakan flashdisk atau pilih Harddisk jika menggunakan harddisk. Selanjutnya, pilih lokasi Drive-nya . Kemudian klik OK. Berikut adalah gambar prosesnya.

Setelah selesai, Klik tombol Reboot now. Komputer kamu akan restart. Jangan lupa menekan F2, F6, atau F12 sesuai menu BOOt kamu (masing2 laptop/komputer mempunyai tombol menu BOOT yang berbeda-beda). Lalu pilih USB Drive / Harddisk pada menu BOOT. Tinggal Instal dech.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: